KPLI Pekanbaru

Milist KPLI Pekanbaru

Entri Populer

Kamis, 08 November 2007

AKSES CEPAT DI KDE


KDE atau dikenal sebagai Window Manager merupakan perangkat untuk Pengaturan Window atau di Linux dikenal dengan xWindow.

Begini ceritanya….., jadi tadi malam, kucoba robah booting versi Lilo (Linux Loader) menjadi Grub dan setting ke tampilan 3D Desktop, karena liat 3D aja udah sooor kali aku. ..

Tapi apa yang terjadi, ketika booting jalan, minta password root (super user), dikasi…terus masuk ke window 3D- Desktop itu, katanya ndak ada support file nya…kira-kira gitulah, terus yang ada pilihan cancel dan help aja…tekan cancel, dan di layar hanya ada mouse dan background warna biru (khas mandriva one 2007 – kayaknya ). Karena udah lama dinanti-nanti ndak ada tanda-tanda kehidupan, ku reset lagi, ulangi lagi dari awal sampai pusing jugak aku dibuatnya….!! Yang muncul ya..window tadi juga….kalo ndak salah udah ada tiga kali…alamak…?!

Terus, terpaksa bongkar dokumen, cari arsip, mana mata udah ngantuk, sekira jam 10 udah pakcik..!! tapi dasar udah penarasan abis, e...ketemu juga, ada artikel di majalah komputer yang udah lama kali kusimpan, ada tips akses cepat di KDE (K Desktop Environment) , terus ku coba begini…
Setelah window 3D-Desktop itu muncul, kalo di Linux katanya itu xWindow, jadi kita harus bekerja di Konsole, dengan cara tekan (ctrl)+(alt)+(F1) , artinya bekerja di Konsole dan xWindow bekerja di belakang layar (background), udah itu, mainkanlah perintah “drakconf” (tanpa tanda kutip) di konsole untuk masuk ke setting configurasi (kalo di produk pakcik bill, namanya control panel), trus masukkan password root, udah itu…tinggal rubah saja settingan nya kembali ke LiLo, dan setelah kembali ke konsole booting ulang kompi (komputer) kita dengan “reboot” (tanpa tanda kutip) di konsole…..tunggu aja, sampai muncul desktop KDE dan beri tanda check untuk KDE di menu tray yang ada di bawah, masukkan user name dan password, maka kembalilah seperti semula tampilan Desktopnya…selesai.

Ini adal sedikit cuplikan perintah akses cepat di KDE yang kami ceritakan di atas:

1. Short Cut xWindow di KDE :
1) [ctrl]+[alt]+[F1]  pindah ke mode konsole dan xWindow berjalan di background
2) [alt]+[F7]  kembali ke xWindow
3) [ctrl]+[alt]+[backspace]  mengakhiri proses xWindow

2. Short Cut KDE :
1) [alt]+[F1]  Buka start menu
2) [alt]+[Tab]  Pindah antar xWindow
3) [ctrl]+[esc]  buka window “current session”
4) [alt]+[F2]  window command
5) [alt]+[F3]  Buka control menu
6) [alt]+[F4]  tutup window aktif
7) [ctrl]+[tab]  pindah antar desktop
8) [ctrl]+[F1] s/d [F12]  pindah ke desktop tertentu

..naah pakcik, makcik, …itulah sedikit ceritanya, kalo untuk install driver HP D-1360 ternyata mudah kali wak, tinggal jalankan file yang tipe run kalo ndak salah ada file nya di hplip (tanya aja sama pakcik google ya), lupa pulak. Dan test hasil print dari dile kWriter dan calc, beres…mantap kali..!!


Semoga bermanfaat…!! Jika ada masukan silahkan cik dan puan ..!! Trims.

0 komentar:

KPLI Pekanbaru is wearing Blue Weed by Blog Oh! Blog | To Blogger by Gre at Template-Godown | Entries (RSS) and Comments (RSS).